Jumat, 24 Oktober 2008

Warung Sego Kucing / Kucingan / Angkringan / Hik (edisi1).

Dalam lingkup Joglosemar (Jogja – Solo – Semarang), warung ini dikenal sangat akrab bagi rakyat, karena mayoritas penikmatnya adalah masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah. Di kota semarang warung ini disebut dengan sego kucing, di Jogjakarta ini disebut dengan angkringan dan di Solo sering disebut dengan hik, kesemuanya menuju pada satu tempat dimana masyarakat berkumpul untuk makan sambil mengobrol dengan penerangan seadanya berupa sentir atau lampu minyak, bermacam makanan kecil, 3 buah teko atau biasa di sebut dengan ceret dan yang menjadikan warung ini disebut sego kucing adalah bungskusan nasi yang berisi nasi sekepel (segenggaman orang dewasa) dengan lauk ikan teri, makanan seperti ini identik dengan makanan kucing sehingga masyarakat lebih mudah mengingat sebagai sego kucing.

Keunikan dari warung ini adalah dimana tidak hanya sebagai tempat masyarakat mencari makanan saja, namun merupakan arena berkumpul untuk membicarakan apapun yang dapat di bahas di sini tanpa perlu memikirkan pedagang akan mengusirnya, walaupun hanya mebeli teh satu gelas. Kenikmatan seperti inilah yang biasanya tidak didapatkan di restauran atau tempat makan lainnya, atas dasar keinginan untuk berbagi dan bersilaturahmi maka terjalinlah keakraban di bawah tenda kuning bernama warung sego kucing, di sini semuanya dapat dibicarakan dan biasanya antara pedagang dan pembeli atau pembeli dan pembeli akan membahas berita yang sedang menjadi pembicaraan umum saat itu, semua dapat berbicara baik pedagang, tukang becak yang ada di sana hingga mahasiswa dan pemuda-pemudi yang berwawasan luas. Ada satu keunikan yang sering terjadi pada masyrakat yang berkumpul di warung ini, ketika semua bahan pembicaraan habis maka muncul inisiatif pembicaraan yang bermula dari bungkus nasi yang biasanya terbuat dari kertas koran.

Setting di kucingan diyakini memiliki pengaruh terhadap budaya guyub yang di hasilkan dari kegiatan berkumpul dan makan di kucingan ini, banyaknya pengunjung yang duduk didepan gerobak yang menyediakan makanan akan terasa intim ketika duduk saling berhimpit dengan konsumen lainnya, mengambil makanan dan dekatnya pedagang dengan konsumen menimbulkan interaksi yang kadang sulit di dapatkan di lain tempat.

Suasana Kucingan
Sumber : Dokumentasi Peneliti 2008

Menurut penuturan pedagang kucingan, mereka berdagang tujuannya untuk menambah persaudaraan, menyediakan tempat bagi pengunjung yang ingin makan murah dan lengkap, dengan modal senyuman semuanya bisa menjadi akrab dan guyub.



salam... tunggu artikel dengan judul yang sama bagian ke - 2

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kulo nuwun mas,

Mas saya mo ijin, memakai foto angkringannya untuk page di facebook.

http://www.facebook.com/pages/Sego-kucing-angkringan-hik/60697165928?ref=mf

Matur suwun nggih.